• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model the Learning Cell Berbasis Video terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    LAILATUL BADRIAH_180210302010_SKRIPSI_REPOSITORY_UNEJ.pdf (2.379Mb)
    Date
    2023-12-18
    Author
    BADRIAH, Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model The Learning Cell berbasis video terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata pelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang mempunyai variabel bebas berupa model The Learning Cell Berbasis Video dan variabel terikat berupa Student Engagement dan Hasil Belajar Pesrta Didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental berupa pretest dan posttest, nonequivalent. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas XI IPS 5 dan XI IPS 4 di MAN I Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi One-Way Anova dan uji lanjut LSD, Pengujian (Least Significant Different) dengan bantuan software SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model The Learning Cell berbasis video mampu meningkatkan student engagement dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari uji LSD yang menunjukkan nilai rata-rata (I-J) sebesar -6.30000 pada kelas kontrol dan nilai rata-rata (I-J) sebesar -4.06667 pada kelas eksperimen, dengan kedua kelas mempunyai nilai signifikansi <0,05. Uji LSD hasil belajar menunjukkan selisih rata-rata (I-J) sebesar -2,6667 pada kelas kontrol dan rata-rata (I-J) sebesar -6,03333 pada kelas eksperimen, dengan kedua kelas mempunyai nilai signifikansi <0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap student engagement dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model The Learning Cell.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123447
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository