Pengaruh Model the Learning Cell Berbasis Video terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model The Learning Cell berbasis video terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata pelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang mempunyai variabel bebas berupa model The Learning Cell Berbasis Video dan variabel terikat berupa Student Engagement dan Hasil Belajar Pesrta Didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental berupa pretest dan posttest, nonequivalent. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas XI IPS 5 dan XI IPS 4 di MAN I Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi One-Way Anova dan uji lanjut LSD, Pengujian (Least Significant Different) dengan bantuan software SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model The Learning Cell berbasis video mampu meningkatkan student engagement dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari uji LSD yang menunjukkan nilai rata-rata (I-J) sebesar -6.30000 pada kelas kontrol dan nilai rata-rata (I-J) sebesar -4.06667 pada kelas eksperimen, dengan kedua kelas mempunyai nilai signifikansi <0,05. Uji LSD hasil belajar menunjukkan selisih rata-rata (I-J) sebesar -2,6667 pada kelas kontrol dan rata-rata (I-J) sebesar -6,03333 pada kelas eksperimen, dengan kedua kelas mempunyai nilai signifikansi <0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap student engagement dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model The Learning Cell.