Upaya Peningkatan Keberfungsian Sosial Anak Tunagrahita
Abstract
Sejatinya semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak tak terkecuali anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki kecerdasan yang tidak bisa berkembang seperti anak-anak pada umumnya yang berumur sama, kurang bisa beradaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan. Adanya keterbatasan yang dimiliki anak tunagrahita mengakibatkan anak tersebut dipandang bahkan ditelantarkan. Hambatan yang dimiliki anak tunagrahita membuat anak tersebut kurang berfungsi sosialnya, maka dari itu perlu adanya pelayanan khusus yang membantu meningkatkan keberfungsian sosial. SLB Negeri Tamanagung melakukan beberapa upaya untuk membantu meningkatkan keberfungsian sosial siswa tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis upaya peningkatan keberfungsian sosial anak tunagrahita yang menggunakan studi deskriptif di SLB Tamanagung yang bertempat di Dusun Sumberwaru, Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.