• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Instrument Monitoring Profitabilitas Pemuatan Container pada Trip Pelayaran pada PT X

    Thumbnail
    View/Open
    200810301175_Skripsi Lengkap FInal Repository.pdf (1.095Mb)
    Date
    2024-03-04
    Author
    PUTRI W., Anggira Pujaningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT X adalah salah satu perusahaan pelayaran yang memiliki beberapa kapal berbahan besi dan layanan yang ada saat ini antara lain adalah kapal peti kemas (container) khusus trayek liner/ tetap tujuan Surabaya – Tarakan – Surabaya. Perusahaan sendiri belum pernah melakukan perhitungan BEP khusus kapal container, sehingga kurang efisiennya pengelolaan operasional perusahaan dalam menentukan besaran tarif pengangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode Break Even Point rute dalam satu tahun trip pada tahun 2022 yang dihitung dalam periode triwulan pelayaran Surabaya- Tarakan - Surabaya sebagai instrument monitoring profitabilitas pemutan container pada PT X. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan metode Break Even Point (BEP). Hasil dari penelitian ini adalah adanya variasi pencapaian BEP untuk kedua kapal disetiap triwulan tahun 2022. Kapal Motor BM VII mencapai BEP tertinggi pada triwulan II tahun 2022 sebanyak 567 unit container dan terendah pada triwulan III sebanyak 446 unit container. Sedangkan Kapal Motor BT XXV mencapai BEP terendah pada triwulan IV sebanyak 418 unit container dan tertinggi pada triwulan III sebanyak 418 unit container. Kapal Motor BM VII memiliki Margin of Safety tertinggi pada triwulan IV sebanyak 91 unit container dan terendah pada triwulan II sebanyak 50 unit container, sedangkan untuk Kapal Motor BT XXV memiliki Margin of Safety tertinggi pada triwulan IV sebanyak 112 unit container dan terendah pada triwulan II sebanyak 43 unit container. Secara keseluruhan, KM BT XXV memiliki BEP yang lebih rendah dibanding KM BM VII sehingga menunjukkan potensi keuntungan yang lebih besar. Sedangkan untuk Margin of Safety, KM BM VII lebih konsisten dibandingkan KM BT XXV .
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123415
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository