• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Assesment Chatbot Materi Dinamika Rotasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI PUTRI WIHATMA ANDIANTI REPOSITORY UNEJ NEW.pdf (3.331Mb)
    Date
    2024-01-16
    Author
    ANDIANTI, Putri Wihatma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abad 21 menekankan pada teknologi, sehingga guru harus memiliki keterampilan yang berkaitan dengan teknologi termasuk dalam proses penilaian pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas prestasi pembelajaran adalah dengan proses penilaian pembelajaran harus terukur dan interaktif, salah satunya dapat menggunakan chatbot. Chatbot adalah aplikasi komputer yang dibuat untuk meniru percakapan atau interaksi komunikatif dengan pengguna melalui elemen teks, audio, dan visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan penilaian pembelajaran berbasis chatbot pada materi dinamika rotasi terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penilaian pembelajaran berbasis chatbot pada materi dinamika rotasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember. Pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dinilai menggunakan uji normalitas dan uji t dan analisis respon diukur menggunakan skala likert. Berdasarkan data post-test diperoleh data dengan nilai Sig. (2-tailed) nilai 0,000. Sesuai pedoman jika 0,000 ≤ 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penilaian pembelajaran berbasis chatbot materi dinamika rotasi terhadap hasil belajar siswa. Dari perbedaan tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penilaian pembelajaran berbasis chatbot pada materi dinamika rotasi terhadap hasil belajar siswa. Respon siswa setelah menggunakan penilaian chatbot pada materi dinamika rotasi memperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123360
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository