Show simple item record

dc.contributor.authorROZIQIN, M. Dymas Alfin Zainur
dc.date.accessioned2024-08-12T01:45:01Z
dc.date.available2024-08-12T01:45:01Z
dc.date.issued2024-01-11
dc.identifier.nim192410102089en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123351
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 12 Agustus 2024_Kurnadi_Lanaen_US
dc.description.abstractKeberadaan jasa transportasi online seperti Gojek memiliki peran penting dalam membantu mobilitas penyandang tunanetra, mengingat keterbatasan yang mereka miliki. SLB Negeri Branjangan Jember, merupakan SLB yang menggunakan perangkat Smartphone dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan hasil pra-penelitian yang dilakukan, terdapat total 18 siswa penyandang tunanetra, dimana dari keseluruhan siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan 3/8 pernah menggunakan aplikasi Gojek. Akan tetapi mereka cukup jarang menggunakan aplikasi Gojek karena ditemukan beberapa permasalahan yang dialami para siswa tunanetra saat menggunakan Gojek, antara lain yaitu bahasa yang tidak dimengerti, icon yang tidak dapat terbaca oleh screen reader, dan tidak menutup kemungkinan jika terdapat permasalahan Usability lain yang belum ditemukan. Sehingga perlunya dilakukan evaluasi Usability untuk menggali temuan masalah dan meningkatkan Usability aplikasi Gojek terhadap penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra merupakan pengguna yang tergolong khusus sehingga diperlukan pendekatan yang berbeda dengan pengguna normal. Kuasi-Etnografi dipilih karena proses evaluasi dilakukan untuk memahami perilaku dan kebiasaan pengguna di lingkungan asli mereka, hal tersebut akan memudahkan penyandang tunanetra karena penyandang tunanetra belajar berdasarkan kebiasaan (Brinkley & Tabrizi, 2017). Pendekatan Kuasi-Etnografi juga memiliki waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan Etnografi murni (Theodorou et al., 2023). Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, dalam 5 tahun terakhir metode System Usability Scale (SUS) merupakan metode sering digunakan untuk melakukan evaluasi Usability terhadap penyandang tunanetra. Evaluasi tersebut juga didukung dengan wawancara lanjutan untuk menggali lebih dalam mengenai data yang telah didapat. Semi-Structured Interview dipilih karena fleksibilitas nya dalam menggali data kualitatif (Dolczewski, 2022). Hasil dari penelitian ini berupa tingkat Usability aplikasi Gojek berdasarkan skor System Usability Scale (SUS) yaitu 69,16 yang masuk dalam ketegori acceptability high, dengan grade scale D, dan Rating dengan kategori Good. Penelitian ini menggali temuan masalah secara spesifik yang dialami penyandang tunanetra saat menggunakan aplikasi Gojek diantaranya yaitu menentukan titik jemput, pilih metode pembayaran, chat driver dan mengidentifikasi harga. Selain itu, penelitian menggali terkait ekspektasi dan harapan penyandang tunanetra terhadap aplikasi Gojek. Ekspektasi dan Harapan penyandang terbagi ke dalam dua aspek yaitu ekspektasi yang terpenuhi dan ekspektasi yang belum terpenuhi, dalam ekspektasi dan harapan penyandang tunanetra, terdapat saran perbaikan dan penambahan fitur yang diharapkan dapat meningkatkan Usability dan memenuhi ekspektasi penyandang tunanetra terhadap aplikasi Gojek, baik dari sisi desain maupun kegunaan. Hasil penelitian ini juga menunjukan metode SUS efektif dalam melakukan evaluasi Usability terhadap penyandang tunanetra dilihat dari tiga aspek yaitu Efficiency, Effectiveness dan Satisfaction. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu penelitian selanjutnya dan pemangku kepentingan lainnya dalam menerapkan metode yang serupa untuk melakukan evaluasi Usability terhadap penyandang tunanetra serta dapat membantu meningkatkan Usability aplikasi Gojek terhadap penyandang tunanetra sehingga ekspektasi dan harapan penyandang tunanetra dapat terpenuhi.en_US
dc.description.sponsorship1. Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSI 2. Yudha Alif Auliya S.Kom., M.Kom.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectKuasi-Etnografien_US
dc.subjectEvaluasi Usabilityen_US
dc.subjectTunanetraen_US
dc.subjectGojeken_US
dc.titleEvaluasi Usability Aplikasi Gojek Berbasis Kuasi-Etnografi terhadap Penyandang Tunanetra dengan Metode System Usability Scale (SUS) dan Semi-Strucutred Interviewen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSIen_US
dc.identifier.pembimbing2Yudha Alif Auliya S.Kom., M.Kom.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record