Pengembangan E-modul Pembelajaran Sejarah Tentang Situs Megalitik Rajekwesi dan Efektivitasnya terhadap Historical Thinking Skill
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-modul situs Rajekwesi?; Bagaimana efektivitas e-modul situs Rajekwesi dengan model ADDIE terhadap historical thinking skill?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul yang sudah tervalidasi oleh para validator serta efektivitasnya terhadap historical thinking skill peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli bahasa memberikan nilai rata-rata 3,4 yang berarti produk yang dikembangkan masuk ke dalam kategori baik dengan sedikit revisi, Ahli media memberikan nilai rata-rata 3,3 yang berarti produk yang dikembangkan masuk ke dalam kategori baik dengan sedikit revisi, ahli materi memberikan nilai rata-rata 3,8 yang berarti produk yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat baik tanpa revisi. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk efektivitas meningkatkan historical thinking skill. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa produk efektivitas meningkatkan historical thinking skill dan. Kesimpulannya media layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.