Valuasi Ekonomi Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Pendekatan Metode Biaya Perjalanan (Travel Cost Method)
Abstract
Objek wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi merupakan objek
wisata yang menawarkan panorama alam sebagai daya tarik pengunjung. Penelitian
ini bertujuan untuk menentukan nilai ekonomi dan mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi frekuensi kunjungan wisatawan ke objek wisata Taman
Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Metode biaya perjalanan individu sebagai
metode untuk mengestimasi nilai ekonomi objek wisata dan untuk menganalisa
faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi kunjungan menggunakan regresi linier
berganda. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara
langsung dan pengisian kuisioner, dengan jumlah sampel seratus responden
menggunakan metode simple random sampling. Penelitian ini diolah dengan
menggunakan alat bantu software SPSS versi 27. Hasil penelitian terhadap faktorfaktor yang mempengaruhi frekuensi kunjungan ke objek wisata Taman Nasional
Alas Purwo Banyuwangi menunjukkan variabel biaya perjalanan berpengaruh
positif signifikan, variabel pendapatan berpengaruh negatif tidak signifikan,
variabel jarak berpengaruh negatif signifikan dan variabel usia berpengaruh negatif
tidak signifikan. Hasil Analisa regresi diperoleh β biaya perjalanan sebesar
0,000001211 dari hasil beta tersebut diperoleh nilai surplus konsumen individu
sebesar Rp. 412.288,91 per kunjungan. Nilai ekonomi objek wisata taman nasional
alas purwo Banyuwangi diperoleh dari hasil Nilai surplus konsumen per individu
per kunjungan dikalikan dengan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2022
diperoleh nilai sebesar Rp. 80.345.993.992,18 per tahun. Nilai ekonomi tersebut
merupakan biaya yang bersedia dikorbankan sebagai pasar pengganti objek wisata
Taman Nasional Alas Purwo Banyuwang