Show simple item record

dc.contributor.authorRAMADHANI, Galuh Ayu Pramudia
dc.date.accessioned2024-08-09T07:42:30Z
dc.date.available2024-08-09T07:42:30Z
dc.date.issued2024-01-08
dc.identifier.nim190210101033en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123305
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 9 Agustus 2024_Kurnadi_Raraen_US
dc.description.abstractKoneksi matematis adalah suatu kemampuan untuk menghubungkan antara konsep-konsep yang ada di dalam matematika, menghubungkan konsep matematika dengan ilmu pengetahuan lain, dan menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Terdapat tiga kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik yaitu kemampuan kognitif (kerja otak dalam berpikir), kemampuan afektif (perilaku/sikap), dan kemampuan psikomotorik (ketrampilan individu) (Prasetyo dkk., 2019). Koneksi matematis sendiri digolongkan sebagai kemampuan kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Adapun jenis perilaku (afektif) yang akan diteliti pada penelitian kali ini yakni self efficacy. Self efficacy diartikan oleh Bandura (dalam Efendi, 2013) sebagai suatu harapan atau keyakinan yang dimiliki oleh diri seseorang tentang kemampuannya untuk menangani serta melakukan rangkaian kegiatan yang dibutuhkan guna menyelesaikan sesuatu. Kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari self efficacy peserta didik pada penelitian ini akan dilihat ketika mereka menyelesaikan soal-soal yang setara dengan PISA Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menguraikan koneksi matematis peserta didik SMA Negeri di Jember dalam menyelesaikan soal setara PISA ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember. Subjek yang dipilih oleh peneliti adalah 6 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Jember dengan 2 peserta didik jenis perilaku self efficacy tinggi, 2 peserta didik jenis perilaku self efficacy sedang, dan 2 peserta didik jenis perilaku self efficacy rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koneksi matematis peserta didik SMA Negeri di Jember dalam mengerjakan soal setara PISA yang ditinjau dari self efficacy dapat disimpulkan bahwa peserta didik dengan self efficacy tinggi dan sedang dapat menyebutkan konsep operasi penjumlahan dan perkalian yang menjadi landasan jawaban soal nomor satu dan dapat memaparkan konsep SPLDV, persamaan linier dua variabel, dan operasi bilangan yang menjadi landasan jawaban soal nomor dua (walaupun terdapat konsep yang dipaparkan secara tersirat pada lembar jawaban). Pada indikator kedua, peserta didik dapat menguraikan kaitan beberapa representasi konsep-konsep atau topik matematika yang berhubungan dengan permasalahan kontekstual sesuai dengan pemaparan sebelumnya. Peserta didik dengan self efficacy tinggi dan sedang juga dapat menentukan dan melaksanakan metode untuk menyelesaikan persoalan melalui hubungan konsep-konsep matematika yang sudah mereka rancang sebelumnya. Sementara itu, peserta didik dengan self efficacy rendah tidak dapat memenuhi tiga indikator koneksi matematis dalam mengerjakan soal setara PISA. Pada indikator pertama, peserta didik dengan self efficacy rendah hanya mampu memberikan jawaban eliminasi dan penentuan skor untuk soal pertama serta konsep persamaan linier untuk soal kedua, dimana jawaban tersebut tidak tepat. Hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap dipenuhinya indikator kedua koneksi matematis tentang pemaparan keterkaitan representasi konsep-konsep atau topik matematika yang berhubungan dengan permasalahan kontekstual. Pada indikator ketiga, peserta didik dengan self efficacy rendah tidak bisa merampungkan penyelesaian atau jawaban yang diminta pada kedua soal (walaupun mereka sudah melakukan langkah awal penyelesaian yang tepat).en_US
dc.description.sponsorship1. Prof. Dr. Drs.Didik Sugeng Pambudi, M.S. 2. Randi Pratama Murtikusuma S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSelf efficacyen_US
dc.subjectAnalisis Koneksi Matematisen_US
dc.subjectSoal Setara PISAen_US
dc.titleAnalisis Koneksi Matematis Peserta Didik SMA Negeri di Jember dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA Ditinjau dari Self Efficacyen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Drs.Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Januari 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record