• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pemberian Reward terhadap Capaian Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 6-7 Tahun di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Nabila Zatil.pdf (2.183Mb)
    Date
    2023-07-21
    Author
    HIDAYATI, Nabila Zatil
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini harus ditanamkan sikap kerjasama, yang akan berdampak di kemudian hari. Kerjasama dapat membantu anak-anak menjadi lebih peka, berkomunikasi lebih baik, dan menghargai orang lain. Disini peneliti berupaya tercapainya kemampuan bekerjasama anak. Dengan pemberian reward sebagai metode. Pada kegiatan ini, anak melakukan kegiatan bermain berkelompok, dalam kegiatan ini anak diberikan cap bintang ketika anak dapat melakukan tugas dengan baik, kemudian mereka mengumpulkan cap bintang yang diperoleh. Reward yang diberikan kepada anak terdapat 2 jenis reward yakni verbal dan non verbal. Berdasarkan penjabaran latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ialah Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Capaian Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Di Ra Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023. Pola penilitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental (eksperimental semu) menggunakan desain Non-Equivalen Control Group. Anak-anak kelompok B di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember adalah subjek dalam penelitian ini. Mereka berjumlah 26 anak. Survei ini akan dilakukan pada bulan Mei 2023, dan diadakan sebanyak 5 pertemuan. Kegiatan ini meliputi: pemberian soal tes sebelum perlakukan (pre-test), Treatment (perlakukan) yang berbeda dan pemberian soal setelah pelakukan (post-test) pada setiap kelompok. Alat pada penelitian berupa lembar observasi dan mengujinya terhadap indikator yang akan dievaluasi. Indikator-indikator yang akan dinilai mengenai kemampuan bekerjasama anak tentang indikator kemampuan bekerja sama anak antara lain; 1) Anak dapat berinteraksi dan bergabung bersama, 2) Memiliki rasa Tanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya, 3) Saling tolong- menolong serta membantu kelompok. Hasil penelitian melalui hasil kegiatan pre-test 41,61 pada kelompok eksperimen sedangkan untuk kelompok kontrol sebsar 39,07. Kemudian kegiatan post-test 55,07 pada kelompok eksperimen serta 49,3 pada kelompok kontrol. Pada teknik analisis data dihasilkan t-hitung sebesar 5,961 hasil tersebut selanjutnya akan dikonsultasikan pada tabel. Sehingga t-tabel = 1,710 sehingga dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 5,961 > 1,710. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian reward terhadap capaian kemampuan bekerjasama anak usia 6-7 tahun di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123273
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository