• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan Stem dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa Menyelesaikan Masalah Pemanfaatan Cascara untuk Teh Herbal Kesehatan

    Thumbnail
    View/Open
    DISERTASI WATERMARK_NURUL KOMARIA_190230104001.pdf (2.007Mb)
    Date
    2023-12-21
    Author
    KOMARIA, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengenalan pemanfaatan cascara pada mahasiswa untuk teh herbal kesehatan dilakukan guna memanfaatkan potensinya dan meneruskan agar komoditi ini tetap berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah riset mengenai cascara untuk teh herbal kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode campuran, menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil keterampilan metakognisi mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran RBL-STEM, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran dan gambaran fase keterampilan metakognisi mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing terdiri dari 50 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) pada uji independent sample t-test adalah 0,000 (p<0.05), menyiratkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah riset mengenai cascara sebagai teh herbal Kesehatan. Observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan hasil sebesar 91,6%, menempatkan siswa kelas eksperimen dalam kategori "sangat aktif". Ini menandakan bahwa penggunaan model pembelajaran RBL-STEM efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan keterampilan metakognisi mereka dalam menghadapi tantangan penelitian terkait cascara untuk teh herbal kesehatan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123268
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository