• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kemampuan Aparatur Desa terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi di Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    repsitory baiduri zahra.pdf (2.156Mb)
    Date
    2023-09-14
    Author
    ZAHRA, Baiduri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengkaji keterkaitan antara kemampuan aparatur desa dengan kualitas pelayanan administrasi di Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan observasi awal peneliti, peneliti meemukan bahwa terdapat pemicu terkait varibel-variabel yang peneliti gunakan. Yaitu kemampuan kerja dan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan di Desa Ringintelu dapat dikatakan cukup baik mengingat Banyuwangi merupakan Kabupaten terinovatif dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Insfrakturtur pada kantor desa juga sangat diperhatikan dari ruang pelayanan yang nyaman hingga fasilitas pendukung lainnya. Serta perangkat desa pada Desa Ringintelu minimal SLTA. Dimana tingkat pendidikan seseorang dapat mempengaruhi kemampuan kerja seseorang. Disisi lain pelatihan maupun lama bekerja dari seorang apatur desa juga turut mempengaruhi kemampuan kerja. Oleh karena hal tersebut peneliti sangat tertarik untuk meneliti apaka adanya pengaruh antara kemampuan kerja dengan kualitas pelayanan. Adapun indikator untuk mengukur variabel tersebut peneliti menggunakan pendapat dari Blanchard dan Hersey (1995) diyang mana untuk mengukur variabel tersebut terdapat tiga indikator yaitu kemampuan teknis, konseptual dan sosial. Adapun indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan peneliti mengguanakan teori dari Zeithhaml, Parasuraman dan Berry (1990) yaitu SERVQUAL. Peneliti menggunakan uji statistik rank spearman. Hasil uji statistik menggunakan Rank Spearman menghasilkan angka 0,494. Selanjutnya angka yang diperoleh diuji signifikansinya dan menghasilkan angka hitung sebesar 7,250. Berdasarkan ketentuan tersebut dapat diketahui bahwa angka hitung>angka tabel (angka hitung=7,250 > angka tabel=1,982). Maka intrepetasi dari hasil tersebut adalah menolak H0 dan menerima H1. Artinya terdapat pengaruh antara kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan hasil koefisien determinasi adalah sebesar 24% yang artinya variabel x mempengaruhi sebesar 24% terhadap kualitas pelayanan adapun sisanya 76% persen dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil uji statistik tersebut akhirnya dapat memperkuat pendapat dari The Liang Gie (1999), Moenir (2014), Adya dan Atep (2003) bahwa kemampuan kerja aparatur merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123256
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5741]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository