• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Pembelajaran IPA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_FINAL_M. HILMY ABDILLAH_190210104050.pdf (7.723Mb)
    Date
    2023-08-07
    Author
    ABDILLAH, Mohammad Hilmy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen penilaian berbantuan wordwall dalam mengukur keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada prosedur model pengembangan Borg and Gall yang memiliki tahapan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, validasi desain produk, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Ajung Jember. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar angket siswa, dan tes keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari analisis uji validitas, analisis uji kepraktisan, dan analisis uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 soal pilihan ganda yang dikembangkan dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa berdasarkan penilaian 3 validator dinyatakan sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Dua puluh soal pilihan ganda yang diujikan memiliki validitas butir soal yang valid. Instrumen penilaian memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,612. Analisis tingkat kesukaran diperoleh 5 soal kriteria mudah, 14 soal kriteria sedang, dan 1 soal kriteria sukar. Keefektifan instrumen penilaian diperoleh hasil rata-rata keterampilan proses sains peserta didik sebesar 55% yang termasuk kategori cukup dan angket respon peserta didik sebesar 81% sehingga dinyatakan sangat baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123195
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository