• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Optimasi Electronic Control Unit Guna Meningkatkan Efisiensi Energi dengan Menggunkan Deep Learning pada Mobil Listrik Urban Concept Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Fiki Ramadhan_191910201016_Laporan Skripsi.pdf (1.360Mb)
    Date
    2023-07-29
    Author
    RAMADHAN, Fiki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ABSTRAK Pada saat ini banyak yang melakukan penelitan dan mengembangkan mobil bertenaga listrik untuk menanggulangi masalah minyak bumi dan polusi. Untuk dapat bergerak mobil listrik membutuhkan beberapa komponen utama seperti baterai, motor listrik, kontrol motor, dan ECU (Electronic Control Unit). Kontrol motor merupakan bagian dari mobil listrik yang digunakan untuk menggerakan motor listrik. Selian itu pada saat ini orang berlomba-lomba untuk dapat menciptaka sebauh kendaraan yang memiliki efisiensi yang baik. Efisensi pada mobil listrik dipengaruhi oleh komponen komponen yang Menyusun sebuah mobil listrik mulai dari Baterai, Motor Listrik, Kontrol Motor. Sedangkan ECU digunkan untuk membuat sebuah system control yang bertujuan untuk menciptakan sebuah mobil listrik yang memiliki efisiensi yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk merancang sistem Electronic Control unit pada mobil listrik yang optimal menggunakan Metode Deep Learning guna meningkatkan efisiensi konsumsi energi pada mobil listrik urban concept Universitas Jember. Hasil dari penelelitian ini adalah Pada hasil pengujian ECU (Electronic Control Unit) bebasis deep learning ini mempengaruhi hasil akhir efisiensi energi yang dimiliki oelh mobil listrik urban concept. Di mana jika dibandingkan dengan menggunakan mode driver yang memiliki hasil efisiensi sebesar 90.24 Km/Kwh, mode Neural Network dapat meningkatakan efisiensi energi menjadi 95.07 Km/Kwh. Sehingga dapat dikatakan mode Neural Network memiliki efisiensi energi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mode driver, yaitu mengalami peningkatan sebesat 4.83 Km/Kwh.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123168
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4299]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository