Pengaruh Kinerja Karyawan, Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada Koperasi Konsumen Syariah Malabar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja karyawan (X1) bagi hasil (X2) dan kualitas pelayanan (X3) secara parsial dan simultan terhadap kepuasan anggota (Y) pada koperasi konsumen syariah Malabar. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang memiliki tabungan mudharabah pada koperasi konsumen syariah Malabar dengan pengambilan sampel 75 responden. Alat analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa; 1) kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan mudharabah pada koperasi konsumen syariah Malabar dengan hasil uji koefisiensi beta sebesar 0,103. 2) bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan mudharabah pada koperasi konsumen syariah Malabar dengan hasil uji koefisiensi beta sebesar 0,067. 3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan mudharabah pada koperasi konsumen syariah Malabar dengan hasil uji koefisiensi beta sebesar 0,254. 4) kinerja karyawan, bagi hasil dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan mudharabah pada koperasi konsumen syariah Malabar.