• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Pendekatan STEM terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI DESY.pdf (791.4Kb)
    Date
    2024-05-27
    Author
    WAHYUNI, Desy Fitriya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM terhadap keterampilan proses IPA siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian kuasi eksperimental. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP Negeri 1 Jenggawah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII B dengan 40 siswa, sebagai kelas terkontrol dan kelas VII D dengan 38 siswa, sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran di kelas terkontrol menerapkan model pembelajaran konvensional sedangkan di kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran 7E bersiklus pembelajaran berbasis STEM. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan proses sains di dua kelas yang telah diseleksi, pertanyaan yang diberikan terdiri dari 12 pertanyaan esai. Soal-soal tes keterampilan proses sains dikembangkan berdasarkan 6 indikator keterampilan proses sains dasar. Berdasarkan hasil uji t sampel independen, Sig. (2-tailed) lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria uji t sampel mandiri, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran siklus 7E berbasis STEM berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses IPA siswa. Selanjutnya, untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa, tes N-gained dilakukan. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa nilai N-gain kelas di kelas eksperimen adalah 81% dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-gain kelas di kelas kontrol adalah 56% dengan kategori sedang. Berdasarkan data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran siklus 7E berbasis STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan proses IPA siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123151
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository