• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran STP (Segmenting Targeting Positioning) pada Tape 31 Jaya Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Repository_Siti Zahra Mauria_200210301132.pdf (4.053Mb)
    Date
    2024-06-27
    Author
    MAURIA, Siti Zahra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatnya minat masyarakat terhadap makanan nusantara membuka peluang bisnis bagi UMKM, namun juga memicu persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) yang dilakukan oleh Tape 31 Jaya Bondowoso sebagai UMKM tape di Bondowoso yang menjadi market leader dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini dilakukan di Jalan PB. Sudirman, informan utama dalam penelitian ini adalah pemilik perusahaan dan informan pendukungnya adalah karyawan produksi dan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumen sebagai metode pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan, kemudian dilakukan pengujian kredibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tape 31 Jaya Bondowoso melakukan segmentasi pasar secara menyeluruh, meliputi segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Meskipun hanya mendistribusikan produknya di Bondowoso dan Situbondo, Tape 31 Jaya Bondowoso berhasil menarik pelanggan dari berbagai daerah, bahkan hingga ke luar Jawa dan luar negeri. Segmentasi demografis menunjukkan bahwa tidak ada batasan jenis kelamin dan usia untuk menikmati tape ini, umumnya pelanggan berusia 20-70 tahun. Segmentasi psikografis menargetkan orang-orang yang percaya akan manfaat tape bagi kesehatan, sedangkan segmentasi perilaku didasarkan pada sikap, peristiwa dan loyalitas. Tape 31 Jaya Bondowoso melakukan targeting dengan menetapkan target pasar yang sama dan positioning dengan menggunakan atribut, kompetitor, harga dan kualitas untuk mempersepsikan barang lain yang dijual di benak pelanggan. Penerapan strategi STP ini membantu Tape 31 Jaya Bondowoso dalam menciptakan segmen yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, membidik pasar yang diinginkan, dan menempatkan produk di hadapan pelanggan sehingga menjadi merek yang bernilai dan dicintai.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123126
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository