Manajemen Kualitas dalam Tahapan Pemberin Kredit Jatim Mikro pada PT Bank Jatim Cabang Jember
Abstract
Industri perbankan mengalami persaingan yang sangat ketat dan mendorong
bank-bank untuk meningkatkan strategi dan efisiensi dalam memberikan kredit.
Proses ini berlaku juga untuk PT Bank Jatim Cabang Jember. Penulis melakukan
Praktek Kerja Nyata (PKN) di bank tersebut dengan fokus pada manajemen kualitas
dalam tahapan pemberian kredit Jatim Mikro. Tujuan PKN guna untuk memahami
kualitas dalam pemberian kredit, mendapatkan pengalaman di bidang administrasi
kredit, serta mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya terkait administrasi
kredit.
Laporan ini berisi pengamatan atas penjaminan kualitas yang dilakukan dari
setiap tahapan pemberian kredit jatim mikro oleh Bank Jatim. Guna memastikan
proses pemberian kredit berjalan efisien, efektif, dan sesuai dengan standar kualitas
yang telah ditetapkan. Penulis mencatat pengalaman magangnya di bidang
administrasi kredit, memperoleh pemahaman tentang proses pengajuan kredit,
mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, dan mencari solusi untuk meningkatkan
administrasi kredit.
Laporan ini juga menjelaskan konsep manajemen kualitas dengan menjamin
setiap tahapan pemberian kredit jatim mikro yang dilakukan ini dapat secara efektif
serta memanfaatkan sumber daya yang ada. Jadi hal Ini mencakup penerapan apa
saja yang dilakukan oleh pihak Bank agar kredit yang diberikan memiliki kualitas
yang baik. Dengan menerapkan konsep ini, bank dapat memenuhi harapan nasabah,
dan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Tahapan proses realisasi
kredit jatim mikro memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah
ditetapkan dan berawal dari permohonan kredit yang diajukan oleh debitur. Untuk
mencapai pencairan kredit tersebut memerlukan tahapan-tahapan seperti
melakukan pengisian formulir permohonan kredit, verifikasi dokumen, analisis
kredit, realisasi kredit sampai pencairan kredit.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]