Pengaruh Media Buku Bolak Balik Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B1 di TK Kartika IV-73 Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung anak kelompok B1. Hal ini disebabkan media yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, yakni lebih banyak menggunakan LKA, selain itu pemberian kegiatan berhitung lebih banyak menggunakan angka-angka yang dituliskan di buku tugas anak dan menyalin tulisan di papan tulis. Untuk itu diperlukannya media pembelajaran yang menarik sebagai perantara dalam mengajarkan berhitung pada anak yaitu menggunakan media buku bolak-balik bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku bolak-balik bergambar terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Kartika IV-73 Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini menggunakan anak kelompok B1 sebanyak 17 anak. Berdasarkan hasil uji t-test menggunakan data pretest dan posttest diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel yaitu 48,222 > 2,131. Hasil ini menyimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang apabila diartikan ada pengaruh media buku bolak-balik bergambar terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Kartika IV-73 Jember. Dari hasil penelitian maka saran yang dapat disampaikan terutama pada guru hendaknya dapat mengembangkan media buku bolak-balik bergambar sebagai bentuk peningkatan kreativitas dalam menerapkan dan menciptakan inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran.