Analisis Pengaruh Bentuk Penampang Haluan terhadap Hambatan pada Kapal Tongkang dengan Menggunakan Computational Fluid Dynamics
Abstract
Tongkang atau Ponton adalah sejenis kapal yang memiliki lambung datar
atau bentuk kotak besar yang mengapung. Desain haluan adalah salah satu aspek
kunci dalam struktur kapal yang mempengaruhi performa kapal, termasuk resistensi
atau hambatan kapal saat berlayar. Untuk mendapatkan nilai hambatan yang kecil
dilakukan modifikasi bentuk haluan dengan menggunakan CFD.
Pada penelitian ini mengevaluasi perbandingan hambatan kapal sebelum
dan sesudah dilakukan modifikasi bentuk haluan kapal dan perbandingan nilai
hambatan kapal ketika dilakukan modifikasi bentuk haluan dengan variasi
penyimpangan sudut deadrise haluan kapal 10°, 20° dan 30°.
Dari hasil analisa keempat kapal dengan metode CFD, kapal 1 pada
kecepatan 4 knot memiliki hambatan 98.652 N, kapal 2 memiliki hambatan 96.050
N, kapal 3 memiliki hambatan 95.179 N, dan kapal 4 memiliki hambatan 93.988 N.
sehingga dapat diketahui kapal yang memiliki hambatan paling besar adalah model
kapal existing, sedangkan kapal yang memiliki hambatan paling rendah adalah
model kapal 4 dengan variasi penyimpangan sudut 30° yang memiliki penurunan
drag atau hambatan yang cukup signifikan sebesar 4,72% dengan selisih 4664 N.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]