Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA
Abstract
Permasalahan yang terjadi di sekolah yaitu kurangnya kemampuan berpikir spasial siswa, hal tersebut dikarenakan kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran geografi khususnya kelas X bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa peta, globe dan power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran animasi powtoon terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan dirancang dengan posttest only control group design. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan penggunaan media pembelajaran animasi powtoon memiliki nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir spasial siswa lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 73,09 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 64,88. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-tes menunjukkan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran animasi powtoon terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA.