dc.contributor.author | Siti Masruha | |
dc.date.accessioned | 2013-12-24T04:35:30Z | |
dc.date.available | 2013-12-24T04:35:30Z | |
dc.date.issued | 2013-12-24 | |
dc.identifier.nim | NIM090210101067 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12276 | |
dc.description.abstract | Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIIIA SMP
Negeri 1 Bangsalsari berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 1
Bangsalsari cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada hasil
pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru
dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama 88,9% dengan kategori baik,
pada pertemuan kedua mencapai 90,7% dengan kategori baik, dan pada pertemuan
ketiga mencapai 96,3% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan perangkat
pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan.
Dari hasil aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa yang relevan dengan
pembelajaran berkisar 10% - 20% pada tiap-tiap pertemuannya. Sedangkan
persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran berkisar 0% - 5%
pada tiap-tiap pertemuan bahkan persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan
pembelajaran menurun yaitu dari 2,08% menjadi 1,04% pada pertemuan kedua dan
menjadi 0% pada pertemuan ketiga. Dari analisis angket respon siswa kelas VIIIA
SMP Negeri 1 Bangsalsari diperoleh bahwa lebih dari 80% seluruh siswa
memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket.
Dari analisis tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas VIIIA SMP
Negeri 1 Bangsalsari mencapai skor minimal (skor 60). Hal ini menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran ARIAS dengan metode
penemuan terbimbing (guided discovery) telah memenuhi kriteria keefektifan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090210101067; | |
dc.subject | Matematika, ARIAS, Penemuan Terbimbing | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SUB POKOK BAHASAN LINGKARAN SMP KELAS VIII | en_US |
dc.type | Other | en_US |