PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SUB POKOK BAHASAN LINGKARAN SMP KELAS VIII
Abstract
Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIIIA SMP
Negeri 1 Bangsalsari berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 1
Bangsalsari cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada hasil
pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru
dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama 88,9% dengan kategori baik,
pada pertemuan kedua mencapai 90,7% dengan kategori baik, dan pada pertemuan
ketiga mencapai 96,3% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan perangkat
pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan.
Dari hasil aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa yang relevan dengan
pembelajaran berkisar 10% - 20% pada tiap-tiap pertemuannya. Sedangkan
persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran berkisar 0% - 5%
pada tiap-tiap pertemuan bahkan persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan
pembelajaran menurun yaitu dari 2,08% menjadi 1,04% pada pertemuan kedua dan
menjadi 0% pada pertemuan ketiga. Dari analisis angket respon siswa kelas VIIIA
SMP Negeri 1 Bangsalsari diperoleh bahwa lebih dari 80% seluruh siswa
memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket.
Dari analisis tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas VIIIA SMP
Negeri 1 Bangsalsari mencapai skor minimal (skor 60). Hal ini menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran ARIAS dengan metode
penemuan terbimbing (guided discovery) telah memenuhi kriteria keefektifan.