PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SUB POKOK BAHASAN RUMUS PERBANDINGAN DAN IDENTITAS TRIGONOMETRI SISWA KELAS 1C SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2004/2005
Abstract
Pembelajaran kooperatif model Group Investigation adalah model
pembelajaran yang melibatkan kelompok .Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Group
Investigation, ketuntasan hasil belajar pada sub pokok bahasan Rumus
perbandingan dan identitas trigonometri. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IC Semester genap SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso.
Pengambilan data melalui tes, observasi, wawancara dan dimulai tanggal 2 Mei
2005 sampai dengan 18 Mei 2005 . Dari hasil dan pembahasan disimpulkan
bahwa pembelajaran kooperatif model Group Investigation mencapai ketuntasan
belajar klasikal 82,9 %.. Siswa yang tidak tuntas belajar secara individu ada 7
orang. Kesalahan yang dilakukan karena kurang teliti dalam membaca soal,
kurang persiapan belajar, kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal, siswa
tergesa-gesa mengumpulkan pekerjaan, kurang teliti dalam perhitungan, kurang
memahami materi karena siswa malu bertanya pada guru atau temannya. Saran
yang diberikan bahwa pembelajaran kooperatif model Group Investigation ini
sebaiknya dijadikan alternatif pendekatan dalam pembelajaran matematika.