• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Intuisi Geometris Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Balok

    Thumbnail
    View/Open
    Aliyah Is Karimah_skripsi.pdf (5.419Mb)
    Date
    2024-06-04
    Author
    KARIMAH, Aliyah Is
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Geometri menjadi salah satu cabang matematika yang kurang diminati karena sifatnya yang abstrak. Akibatnya terjadi penurunan pada hasil belajar siswa pada matematika, utamanya geometri. Hasil PISA 2022 menyebutkan bahwa skor matematika di Indonesia mengalami penurunan dari PISA sebelumnya. Selain itu, berdasarkan hasil Ujian Nasional tahun 2019, pada geometri dan pengukuran berada di bawah rata-rata. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri adalah dengan melatih kemampuan intuisi geometris. Kemampuan ini dapat dilatih dengan memberikan masalah HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan intuisi geometris siswa dalam menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 29 siswa-siswi dari kelas VIII A SMPN 1 Tempeh, Lumajang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah masalah HOTS dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Penilaian kemampuan intuisi geometris siswa berdasarkan skor tes yang dirancang menggunakan empat komponen intuisi geometris yaitu menciptakan dan memanipulasi figur geometris dalam pikiran, memahami sifat geometris, menghubungkan gambar dengan konsep dan teorema geometri, serta memutuskan dimana dan bagaimana memulai ketika memecahkan masalah. Hasil pada penelitian ini yaitu siswa kategori rendah memenuhi satu komponen intuisi geometris. Siswa dengan kategori sedang memenuhi tiga komponen intuisi geometris sedangkan siswa dengan kategori tinggi memenuhi semua komponen intuisi geometris.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122656
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository