• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Jember dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Dilatasi

    Thumbnail
    View/Open
    20-045_Ardhea Cahyaningrum_Fix Repository Skripsi.pdf (3.248Mb)
    Date
    2024-05-22
    Author
    CAHYANINGRUM, Ardhea
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keaktifan belajar siswa merupakan kegiatan yang melibatkan emosional, fisik dan intelektual siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keaktifan belajar siswa diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Sehingga dalam meningkatkan keaktifan belajar, guru perlu memperhatikan pemilihan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa kelas XI SMAN 3 Jember dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi dilatasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang dianalisis secara deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-6 SMAN 3 Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan beberapa tahap yaitu analisis hasil validasi instrumen, analisis data hasil observasi, analisis data hasil wawancara, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa kelas XI SMAN 3 Jember tergolong kategori baik dengan rata-rata sebesar 70,9%, dimana terdapat 11 siswa dengan tingkat keaktifan sangat baik, 19 siswa dengan tingkat keaktifan baik, dan 2 siswa dengan tingkat keaktifan cukup. Secara keseluruhan, siswa kelas XI-6 SMAN 3 Jember telah mencerminkan sub variabel keaktifan belajar siswa yaitu visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, dan mental activities. Keaktifan belajar siswa berupa visual activities dan mental activities tergolong dalam tingkat keaktifan belajar sangat baik dengan persentasenya secara berturut-turut sebesar 85,94% dan 84,38%. Kemudian, keaktifan belajar siswa berupa oral activities, listening activities, dan writing activities tergolong dalam tingkat keaktifan baik dengan persentasenya secara berturut-turut sebesar 54,69%, 64,07%, dan 64,07%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122654
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository