Analisis Muatan Stimulasi Kognitif Pada Lembar Kerja Anak (LKA) Di Kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Jember Tahun Ajaran 2023/204
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan muatan stimulasi kognitif pada Lembar Kerja Anak (LKA) untuk kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif dengan dua orang guru sebagai penilai (rater). Dalam penelitian ini metode analisis isi kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan muatan stimulasi kognitif pada LKA yang digunakan oleh sekolah sebagai media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Populasi yang digunakan adalah Lembar Kerja Anak (LKA) pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan total 87 tugas dan 17 indikator yang merupakan unit analisis. Penilai (rater) akan melakukan check list pada tiap indikator. Inter-rater reliability menggunakan teknik Percentage Agreement (PA). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa secara keseluruhan jumlah kesepakatan inter-rater interreliability sebesar 82,9% yang artinya analisis dapat dilanjutkan. Hasil analisis isi menunjukkan bahwa LKA kurang memiliki muatan stimulasi kognitif untuk aspek kognitif peserta didik sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang lain. Indikator aspek kognitif yang memiliki nilai inter-rater reliability rendah menunjukkan bahwa stimulasi Lembar Kerja Anak (LKA) akan bergantung pada cara penyampaian pendidik terhadap LKA akan memberikan pengaruh terhadap stimulasi kognitif peserta didik