Pengembangan Buku Saku Digital Berbantuan Flip PDF Corporate pada Materi Sistem Tata Surya untuk Melatih Literasi Sains Siswa SMP
Abstract
Indonesia telah memasuki perkembangan abad 21 atau yang lebih dikenal dengan era teknologi digital. Indonesia menghadapi tantangan global yang sangat banyak, salah satunya terkait aspek pendidikan. Bidang pendidikan pasca pandemi, penekanannya terdapat pada konsep proses pembelajaran yang bertujuan guna menumbuhkan literasi sains siswa, mengembangkan keterampilan yang akan membantu siswa di kehidupan mendatang dan memecahkan masalah yang terdapat dalam suatu lingkungan. Kemampuan literasi sains berdasarkan internasional dinilai oleh PISA (Programme for International Student Assessment). Berdasarkan hasil PISA, prestasi literasi sains siswa di Indonesia antara tahun 2000 hingga 2018 masih tergolong rendah karena skor nilai literasi sains yang didapatkan lebih rendah dari rata-rata skor pencapaian ketuntasan PISA.
Salah satu faktor penyebab skor literasi sains yang rendah yaitu kebiasaan pembelajaran IPA yang masih konvensional dan mengabaikan pentingnya membaca serta menulis sains, pemilihan bahan ajar dan sumber belajar juga berpengaruh terhadap rendahnya literasi sains. Pembelajaran IPA di Indonesia masih terbatas oleh materi bahan ajar berupa buku teks, akibatnya siswa kurang memahami konteks materi dalam kehidupan dan pembelajaran akan terasa membosankan. Solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu pengembangan buku teks berupa buku saku digital berbantuan flip PDF corporate pada materi sistem tata surya untuk melatih literasi sains siswa.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Kemudian melakukan uji coba produk buku saku digital denga subjek uji coba adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku saku digital berbantuan flip PDF corporate pada materi sistem tata surya untuk melatih literasi sains siswa SMP.
Hasil analisis data kevalidan buku saku digital berbantuan flip PDF corporate pada materi system tata surya diperoleh hasil sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Analisis kepraktisan dilakukan dengan uji coba lapangan yaitu melalui keterlaksanaan pembelajaran kepada siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Jember sebanyak 32 siswa dan selama 4 kali pertemuan. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan oleh tiga mahasiswa sebagai obsever dan diperoleh rata-rata presentase kepraktisan sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan buku saku digital diukur melalui kegiatan pretest-posttest dan dianalisis dengan rumus N-gain yang memperoleh hasil sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Keefektifan pembelajaran juga diukur melalui angket respon siswa dengan presentase respon sebesar 96,9% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku saku digital berbantuan flip PDF corporate pada materi sistem tata surya sangat valid, praktis dan efektif. Oleh karena itu, buku saku digital ini dapat digunakan untuk melatih literasi sains siswa SMP. Buku saku digital juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.