• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Pembelajaran Media Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    190210303040_Lukman Hakim_Skripsi.pdf (4.694Mb)
    Date
    2023-06-12
    Author
    HAKIM, Lukman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran dan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran dalam pendidikan sangat penting untuk hasil belajar yang diinginkan. Media atau model pembelajaran yang menarik dibutuhkan dalam mewujudkan keterampilan cara berpikir geografi, Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu Google Earth. Pada penelitian ini lebih berfokus pada Keterampilan berpikir geografi yang merupakan sebuah kemampuan intelektual dalam mempelajari, merenungkan, dan menyimpulkan serta mengimplementasikan secara keruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran Google Earth terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir geografi memiliki 5 indikator yakni Ask geographic questions (mengajukan pertanyaan terkait geografi), Acquire geographic resources (memperoleh informasi terkait geografi), Ekspolre geographic data (Menjelajah/mengatur informasi geografi), Analyze geographic information (menganalisis informasi geografi), Act upon geographic knowledge (bertindak berdasarkan pengetahuan geografi). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 jember. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Mann-Whitney U-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir geografi menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003, sedangkan untuk hasil belajar siswa menunjukkan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari data tersebut dapat diambil keputusan bahwa media pembelajaran Google Earth berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122566
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository