Evaluasi Kualitas Pelayanan Fasilitas Pasar Baru Kota Probolinggo
Abstract
Perdagangan merupakan sejumlah sistem aktivitas yang akan memengaruhi
perkembangan dan kemajuan ekonomi sebuah wilayah. Pasar Baru Kota
Probolinggo merupakan pasar tradisional terbesar yang berada di Kota Probolinggo
dengan skala pelayanan tingkat kota sesuai dengan hasil wawancara oleh Dinas
Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kota Probolinggo.
Walaupun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung kegiatan
perdagangan, masih ada beberapa aspek yang harus mendapatkan perhatian.
Beberapa masalah yang teridentifikasi mencakup atap pasar yang bocor, saluran
drainase yang tersumbat menyebabkan genangan air dan becek, tidak terdapat
tempat ibadah (mushola), sampah yang masih berserakan, dan masih terdapat PKL
yang berjualan di pintu masuk pasar dan area parkir. Penelitian ini akan difokuskan
pada evaluasi pandangan masyarakat terhadap pelayanan fasilitas yang disediakan
oleh Pasar Baru Kota Probolinggo. Penelitian ini menerapkan metode analisis
deskriptif untuk menganalisan dan mengetahui kondisi eksisting, metode Customer
Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan dan atribut yang perlu
ditingkatkan, serta analisis triangulasi guna mengetahui strategi arahan
pengembangan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan mampu memberikan
arahan optimalisasi pada Pasar Baru kota Probolinggo dengan tepat sesuai dengan
persepsi pedagang dan pengunjung pasar.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]