Rancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls di Sma
Abstract
Augmented reality merupakan teknologi menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam lingkungan nyata tiga dimensi kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut ke dalam lingkungan nyata secara langsung (real time). Tujuan penelitian ini yaitu merancang media pembelajaran berbasis augmented reality pada pokok bahasan momentum dan impuls, serta mengetahui respon pengguna setelah menggunakan rancangan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknologi ini diterapkan pada media pembelajaran momentum dan impuls dengan menggunakan metode Luther. Metode Luther terdiri dari enam tahapan yaitu: Konsep, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Distribusi. Tahapan Pembuatan diimplementasikan menggunakan Unity 3D dan vuforia yang menghasilkan aplikasi augmented reality yang dapat menampilkan objek 2D dan 3D. Tahapan testing dilakukan menggunakan uji alpha dan beta. Respon guru dan siswa bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan rancangan media pembelajaran. Hasil analisis angket respon memiliki persentase 84,13 % dengan kategori sangat baik untuk angket respon siswa dan 93,84 % dengan kategori sangat baik untuk angket respon guru. Tahapan Distribution dilakukan dengan mengupload aplikasi augmented reality yang telah dibuat pada platform amazon appstore.