Manajemen Strategi Pemasaran Syariah dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada Kedai Nyara di Kabupaten Jember
Abstract
Kedai Nyara adalah sebuah Cafe yang berada di bekas Stasiun Sukowono 
bekas peninggalan Belanda yang telah non aktif sejak tahun 2004 yang 
beralamatkan di Jl. PB Sudirman, Dusun Krajan, Desa Sukowono, Kecamatan 
Sukowono, Kabupaten Jember. Dengan adanya jenis usaha yang sama yaitu 
berupa Cafe, Kedai, Restouran, dan juga jenis usaha lainnya merupakan suatu 
persaingan antar pelaku usaha.
Penelitian ini merupakan penelitian manajemen strategi pemasaran syariah 
dalam menghadapi persaingan bisnis dengan menggunakan pendekatan kualitatif 
deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis internal, analisis 
eksternal, dan bagaimana manajemen strategi yang dirumuskan dan 
diimplementasikan oleh Kedai Nyara untuk mempertahankan usaha bisnisnya. 
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, 
threats) untuk mengidentifikasi analisis internal menggunakan IFAS dan analisis 
eksternal menggunakan EFAS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis internal (kekuatan dan 
kelemahan) pada faktor kekuatan pada perhitungan IFAS memiliki nilai skor lebih 
tinggi yaitu sebesar 2,71 dan faktor kelemahan memiliki nilai skor 0,97. Pada 
analisis eksternal (peluang dan ancaman) pada faktor peluangpada perhitungan 
EFAS memiliki nilai skor 2,70 dan faktor ancaman memiliki nilai skor 0,86. Pada manajemen strategi pemasaran syariah Kedai Nyara telah melakukan dengan baik yaitu dengan menentukan perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi.