Show simple item record

dc.contributor.authorMAFAZI, Daffa
dc.date.accessioned2024-07-17T01:49:28Z
dc.date.available2024-07-17T01:49:28Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.nim192410102065en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122469
dc.description.abstractPermainan First-Person Shooter (FPS) merupakan genre game yang populer di Indonesia, namun banyak pemain yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan sensitivitas mouse pada mode Aim Down Sights (ADS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan performansi dari berbagai metode konversi sensitivitas ADS yang ada di internet, yaitu 360 Degrees, Visuomotor Gain, Rasio FoV, Viewspeed, Dynamic Monitor Distance, dan Jedi’s Mouse Trick. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan aplikasi FirstPersonScience dan metode Fitts’ Law sebagai metode dasar penelitian ini. Subjek penelitian adalah 12 pemain Valorant yang berusia 19-24 tahun dengan sensitivitas mouse optimal. Berdasarkan pembahasan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Rasio FoV yang saat ini digunakan pada game Valorant adalah metode konversi sensitivitas ADS yang paling efisien dalam rata-rata waktu penyelesaian tugas (0.744 detik) dan rata-rata indeks performansi (4.518 bits), namun kurang disukai oleh partisipan dalam hal kenyamanan bermain dengan menempati urutan ke-4 dengan rata-rata senilai 2.75 dalam asesmen kenyamanan. Metode Jedi’s Mouse Trick menunjukkan hasil yang lebih baik dalam analisis standar deviasi waktu penyelesaian tugas (0.148 detik), hitrate (93.8%), rata-rata jumlah submovement (1.774), efisiensi pergerakan mouse (75.8%) serta disukai oleh partisipan dalam hal kenyamanan bermain dengan rata-rata senilai 2.92. Di sisi lain, metode 360 Degrees memiliki performansi yang paling buruk dalam semua aspek analisis yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Metode Jedi’s Mouse Trick merupakan metode yang optimal yang menempati urutan 3 teratas dalam keseluruhan aspek analisis yang telah dilakukan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectFirst-Person Shooteren_US
dc.subjectSensitivitas Mouseen_US
dc.subjectAim Down Sightsen_US
dc.subjectKonversi Sensitivitas ADSen_US
dc.subjectFitts’ Lawen_US
dc.titleAnalisis Perbandingan Performansi Metode Konversi Sensitivitas Aim Down Sights dalam Game First-Person Shooteren_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiTeknologi Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahrobby Adnan, S. Kom., M. MSIen_US
dc.identifier.pembimbing2Priza Pandunata, S.Kom., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record