Persepsi Masyarakat pada Pelayanan Posyandu (Studi Posyandu Cathleya 101 Lingkungan Sumberdandang Kecamatan Kebonsari Kabupaten Jember))
Abstract
Tingginya angka kematian Ibu dan Bayi di Indonesia menjadi salah satu permasalahan yang menjadi fokus Pemerintah. Peran posyandu penting karena merupakan mitra pemerintah Desa/Kelurahan dalam melaksanakan pelayanan dibidang kesehatan. Oleh karena itu, masyarakat terutama ibu hamil dan ibu balita penting untuk rutin mendatangi poyandu. Namun, kenyataannya masih banyak ibu balita yang tidak rutin mendatangi posyandu. Sehinggga perlu diteliti bagaimana persepsi masyarakat sebenarnya terhadap posyandu. Penelitian ini bertjuan untuk menjelaskan dan menganalisis tentang persepsi masyarakat pada pelayanan posyandu Cathleya 101 lingkungan Sumberdandang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang di analisis menggunakan dimensi persepsi oleh Bimo Walgito. Hasil penelitian menunjukkan Ibu Balita dan Ibu Hamil di Lingkungan sumberdandang memiliki persepsi yang kurang baik terhadap fasilitas posyandu seperti bangunan dan letaknya yang kurang strategis, kemampuan kader yang dinilai kurang. Namun, mereka juga memiliki persepsi yang baik pada fasilitas lainnya seperti alat pemeriksaan dan pemberian amakanan tambahan yang telah terjadwal. Serta kurangnya dukungan RW setempat menjadi salah satu hambatan pelayanan di posyandu.