• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV Sdn Tanggul Wetan 04 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    up repository.pdf (2.769Mb)
    Date
    2023-07-10
    Author
    AYUNINGRUM, Diana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis puisi yang dimiliki siswa. Pendekatan ini sangat efektif karena dalam penerapannya mengarah pada kenyataan yang ada di sekitar pelaku pembelajaran, baik dari lingkungan guru maupun lingkungan siswa. Pendekatan CTL diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi, apalagi jika disertai dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media kartu kata bergambar dimaksudkan untuk membantu siswa dalam menstimulus imajinasinya, dan membantu memudahkan dalam proses pemilihan kata atau diksi yang akan digunakan dalam puisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t sampel terpisah atau independent sample test dengan bantuan SPSS versi 22 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,583 > 2,028 sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menggunakan media kartu kata bergambar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122393
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository