Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya
Abstract
Pengembangan karakter pada siswa sangat penting untuk ditanamkan dalam bidang pendidikan. Salah satu karakter yang perlu dikembangkan siswa adalah bernalar kritis. Tujuan penelitian guna mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap dimensi bernalar kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket skala sikap berupa pre-angket dan post-angket, dan observasi. Analisis statistik menggunakan independent sample t-test. Proses pengujian dalam penelitian ini menggunakan angket melalui pengerjaan pre-angket dan post-angket yang terdiri dari 22 pernyataan sikap. Berdasarkan hasil penelitian, nilai thitung adalah 13,301, sedangkan nilai ttabel adalah 2,009. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (13,301 > 2,009). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap dimensi bernalar kritis siswa kelas IV.