Show simple item record

dc.contributor.authorSHARLIAN, Nathanael Gallant
dc.date.accessioned2024-07-15T07:05:55Z
dc.date.available2024-07-15T07:05:55Z
dc.date.issued2024-01-29
dc.identifier.nim170210402108en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122276
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractTindak tutur ekspresif disampaikan untuk mengungkapkan sesuatu yang dirasakan penutur kepada mitra tutur. Tindak tutur ekspresif terjadi di berbagai situasi, termasuk di dalam pembelajaran di kelas. Interaksi belajar mengajar terjadi ketika guru dan murid ingin menyampaikan maksud tuturan. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran di kelas yaitu tercapainya kompetensi oleh siswa. Pemahaman tentang konteks, fungsi, dan modus tuturan dari siswa dapat menjadi gambaran tentang kompetensi murid di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif siswa di kelas VII di SMPN 1 Grogol Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan yang memuat teknik rekam, simak, dan catat. Teknik analisis data ini berupa hasil pernyataan analisis verbal yang diteliti. Dengan demikian digunakan teknik analisis data deskriptif yang terdiri dari tiga kegiatan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah siswa, dan guru yang mengajar. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup dua hal, yaitu mendeskripsikan fungsi tindak tutur ekspresif dan modus tindak tutur. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, diketahui bahwa fungsi tindak tutur ekspresif pada siswa kelas VII di SMPN 1 Grogol Kabupaten Kediri dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat fungsi tindak tutur ekspresif mengucapkan salam, permintaan maaf, menyatakan pujian. Dan diketahui bahwa modus tindak tutur pada siswa kelas VII di SMPN 1 Grogol Kabupaten Kediri dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat modus tindak tutur deklaratif, optitatif, dan desideratif.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Arju Mutiah, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTindak Tutur Ekspresifen_US
dc.subjectPragmatiken_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.titleTindak Tutur Ekspresif Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMPN 1 Grogol Kabupaten Kedirien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Mutiah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 15 Juli 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record