Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap di Hotel RedDoorz Syariah Billy Dimmy Homestay Bondowoso
Abstract
Segala hal yang memberikan manfaat, kepuasan dan kemakmuran baik
secara jasmani maupun rohani manusia disebut kebutuhan. Sifat alami manusia
yang tidak pernah puas dan selalu merasa kurang menjadikan kebutuhannya tidak
terbatas namun alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas. Salah satu kebutuhan
manusia yang perlu dipenuhi adalah kebutuhan menginap untuk mempermudah
kegiatan mereka dalam kegiatan bekerja di luar kota, liburan atau sekadar
menginap untuk staycation. Menginap di suatu tempat penginapan perlu adanya
proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga,
fasilitas, promosi, tempat dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan
terhadap keputusan menginap di Hotel RedDoorz Syariah Billy Dimmy Homestay
Bondowoso.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih konsumen yang pernah menginap
di Hotel RedDoorz Syariah Billy Dimmy Homestay Bondowoso. Sampel yang
digunakan adalah teknik probability sampling yang memberikan peluang yang
sama kepada seluruh populasi untuk menjadi anggota sampel, sedangkan
penentuan sampelnya menggunakan simple random sampling yaitu sampel tidak
bergantung pada strata di suatu populasi. Data yang digunakan pada penelitian ini
adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara menggunakan
kuesioner pada 102 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel harga, promosi, dan
kualitas pelayanan terhadap variabel keputusan menginap. Hasil penelitian ini berdasarkan uji F menunjukkan bahwa variabel harga,
promosi, dan kualitas pelayanan secara bersama berpengaruh signifikan terhadap
variabel keputusan menginap. Sedangkan berdasarkan uji t menunjukkan bahwa
variabel harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menginap,
variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan
menginap, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan menginap. Dapat disimpulkan bahwa harga yang ditawarkan, promosi
yang dilakukan, dan pelayanan yang diberikan secara serentak berpengaruh
terhadap keputusan menginap konsumen. Namun secara parsial promosi yang
dilakukan tidak berpengaruh terhadap keputusan menginap konsumen.