Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan pada klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center Jember. Sebagai salah satu klinik kecantikan yang cukup terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat Jember, Larissa Aesthetic Center Jember memiliki konsep “Natural Ingredient with High Technology” yaitu beragam produk kecantikan dan perawatan yang dibuat, berbahan dasar alami, aman dan bersertifikat CPKB dari BPOM. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Larissa Aesthetic Center Jember yang menjadi member dengan sampel yang digunakan adalah 70 pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan pada klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center Jember. Relationship marketing memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.