Pengembangan Buku Ajar Digital Interaktif Berbasis STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Abstract
Pendidikan di Indonesia sudah saatnya bertransformasi mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dengan memanfaatkan media digital sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan buku ajar digital interaktif berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SMP. Peneliti memilih materi pencemaran lingkungan dalam penelitiannya berdasarkan observasi di lapangan yang menunjukkan bahwa selama ini meskipun siswa telah mendapatkan materi tentang pencemaran lingkungan, namun kurang menunjukkan perilaku menjaga lingkungan serta tidak mampu mengatasi permasalahan pencemaran yang ada di lingkungan sekitarnya. Hasil sebaran angket yang dilakukan terhadap guru IPA di Banyuwangi, Jember, dan Situbondo menunjukkan data bahwa kebutuhan guru terhadap buku ajar digital mencapai 70,6%. Guru dan siswa membutuhkan buku ajar digital yang praktis, bahasanya jelas, efektif, tidak ambigu, berisi gambar menarik, terdapat video pembelajaran, audio dan animasi, terdapat soal dan simulasi praktikum. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Thiagarajan, 1974) yang terdiri dari 4 tahap, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan serta penyebaran. Subjek penelitian adalah siswa dari tiga SMP yang ada di Kabupaten Jember. Instrumen yang digunakan adalah angket uji validitas, uji kepraktisan, uji efektivitas, dan N-Gain, dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. secara logis Hasil validasi oleh tiga validator berturut-turut sebesar 95,82, 95,82, dan 92,50 yang menunjukkan sangat valid. Kriteria uji rumpang mudah dengan rerata 88,89, respon guru dan respon siswa positif dengan nilai 93,33 dan 95,81. Kriteria observasi keterlaksanaan sangat praktis dengan rerata 92,2. N-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,81 yang dengan kategori tinggi, dan hasil belajar N-gain 0,86 dengan kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah buku ajar digital interaktif berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SMP.