• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Pemahaman Teks Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Teknik PETA Pikiran pada Siswa Kelas X IPs 3 Sman 1 Yosowilangun

    Thumbnail
    View/Open
    Peningkatan Pemahaman Teks Eksposisi Melalui Problem Based Learning (294.5Kb)
    Date
    2023-07-25
    Author
    NUR FAIZAH, Diah Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mendeskripsikan tentang (1) proses pembelajaran teks eksposisi melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta pikiran untuk meningkatkan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Yosowilangun.; (2) peningkatan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Yosowilangun melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta pikiran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode penelitian deskriptif, yakni mendeskripsikan suatu peristiwa dan perubahan yang terjadi dari sebelum dilakukannya penerapan metode pembelajaran hingga hasil akhir penerapan. Data dalam penelitian ini berupa: (1) data hasil observasi, dan (2) data hasil tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu: (1) redukasi data, (2) penyajian data, (3) menarik kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini berupa hasil tes pemahaman materi teks eksposisi yang diberikan pada siswa pada akhir siklus dan hasil observasi dalam proses penerapan pembelajaran dengan model pembelajarann berbasis masalah dengan teknik peta pikiran. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil tindakan pada setiap siklus. Pada prasiklus ketuntasan siswa hanya mencapai 67%, kemudian setelah dilakukan perbaikan siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 80,56%. Selanjutnya, terjadi peningkatan skor rata-rata pemahaman teks eksposisi pada siklus II menjadi 86,11%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan 6,11% dari tahap siklus I sampai siklus II, lalu dibanding tindakan prasiklus yang memperoleh persentase 67%, telah meningkat sejumlah 19,11% usai siklus kedua. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta pikiran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi teks eksposisi. Penelitian ini dapat digunakan sebagai contoh pembelajaran teks eksposisi di kelas X SMA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122239
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository