Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Eiger dengan di Moderasi Store Atmosphere sebagai Variabel Moderating
Abstract
Keputusan pembelian menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan
karena hal ini tentu akan menjadi suatu pertimbangan bagaimana suatu strategi
pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan berikutnya. Untuk menciptakan
keputusan pembelian konsumen, store atmosphere memiliki peran untuk
memperkuat perilaku konsumen tersebut. Suasana toko yang nyaman dapat
menstimulasi dan membangkitkan keyakinan konsumen untuk membeli produk
atau jasa yang ditawarkan sehingga pada akhirnya konsumen dapat melakukan
keputusan pembelian. Untuk mendorong keputusan pembelian konsumen yang
diperkuat oleh store atmosphere, berbagai faktor perlu diperhatikan oleh
perusahaan penyedia produk atau jasa antara lain yaitu citra merek, kualitas
produk dan harga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra
merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk eiger
dengan store atmosphere sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini
seluruh konsumen produk Eiger di Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 110
orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan
berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil
penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan artikel
yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah
moderating regression analysis (MRA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek berpengaruh terhadap
keputusan pembelian pada Eiger Adventure Store Jember. Kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Eiger Adventure Store Jember.
Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Eiger Adventure Store
Jember. Serta citra merek, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian dimoderasi store atmosphere pada Eiger Adventure Store
Jember.