Determinan Keputusan Pembelian Layanan Streaming Netflix: Peran Harga, Brand Trust, Brand Reputation, dan E-wom
Abstract
Tingginya pengguna smartphone di seluruh dunia membawa dampak yang sama terhadap pemakaian internet. Kondisi ini tentu menjadi celah baik bagi setiap pelaku industri untuk memutar perekonomian saat ini seluruh kegiatan didukung oleh penggunaan internet seperti bisnis, transportasi, teknologi informasi, salah satunya streaming yang artinya penyebarluasan konten melalui internet. Netflix merupakan salah satu layanan streaming yang kini menjadi nomor satu di Indonesia. Netflix didirikan oleh Reed Hastings dan Marc Randolph di Scotts Valley, California, Amerika Serikat di tahun 1997.
Penentuan Keputusan Pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa vairabel diantaranya adalah Harga, Brand Trust, Brand Reputation, dan E-Wom. Harga, brand trust, brand reputation, dan e-wom yang baik dari Netflix menjadi salah satu aspek dalam meningkatkan pembelian. Semakin positif harga, brand trust, brand reputation, dan e-wom yang ditawarkan dari Netflix, maka akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Ketika konsumen telah merasa puas dengan produk yang dibeli, bukan tidak mungkin akan terjadi pembelian berulang.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan explanatory research dengan populasi yang digunakan, yaitu konsumen yang telah melakukan pembelian terhadap Netflix. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling sebanyak 384 responden yang telah disesuaikan dengan kriteria tertentu, yaitu berusia minimal 17 tahun dan responden telah melakukan pembelian Netflix minimal satu kali. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan data sekunder dari sumber pustaka, penelitian terdahulu dan kumpulan jurnal. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian iini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian, Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian, Brand Reputation terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan E-Wom tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.