Peran Mediasi Memorable Tourism Experience Pada Pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Gunung Bromo
Abstract
Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian
Indonesia yang terus menunjukkan potensi besar terutama pasca pandemi Covid19. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu fokus pengembangan wisata, salah
satunya destinasi utama yaitu Gunung Bromo. Sebagai salah satu Destinasi
Pariwisata Prioritas (DPP) Indonesia, Gunung Bromo berupaya meningkatkan
daya saingnya melalui pengalaman wisata yang berkesan atau Memorable
Tourism Experience (MTE). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
wawasan mengenai strategi efektif untuk mengembangkan destinasi wisata alam
di Indonesia melalui peningkatan MTE, Atribut destinasi, dan Tourist
Engagement.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist
Engagement secara langsung terhadap Minat Berkunjung Kembali serta pengaruh
tidak langsungnya terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui MTE. Penelitian
ini merupakan jenis explanatory research dengan populasi yang digunakan adalah
wisatawan se-Indonesia (domestik) yang pernah berkunjung ke Bromo. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan
beberapa kriteria, didapatkan sejumlah 200 responden. Data yang diperoleh
dianalis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least
Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Atribut Destinasi dan MTE berpengaruh signifikan terhadap
Minat Berkunjung Kembali, sedangkan Tourist Engagement tidak berpengaruh
signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Selain itu, Atribut Destinasi dan
Tourist Engagement berpengaruh signifikan terhadap MTE wisatawan. Hasil
lainnya juga menunjukkan bahwa MTE mampu memediasi pengaruh Atribut
Destinasi dan Tourist Engagement terhadap Minat Berkunjung Kembali.