• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Mediasi Memorable Tourism Experience Pada Pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Gunung Bromo

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Unej_Devina Wdya Cahyani_200810201003.pdf (2.110Mb)
    Date
    2024-06-25
    Author
    CAHYANI, Devina Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia yang terus menunjukkan potensi besar terutama pasca pandemi Covid19. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu fokus pengembangan wisata, salah satunya destinasi utama yaitu Gunung Bromo. Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Indonesia, Gunung Bromo berupaya meningkatkan daya saingnya melalui pengalaman wisata yang berkesan atau Memorable Tourism Experience (MTE). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi efektif untuk mengembangkan destinasi wisata alam di Indonesia melalui peningkatan MTE, Atribut destinasi, dan Tourist Engagement. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement secara langsung terhadap Minat Berkunjung Kembali serta pengaruh tidak langsungnya terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui MTE. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research dengan populasi yang digunakan adalah wisatawan se-Indonesia (domestik) yang pernah berkunjung ke Bromo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan beberapa kriteria, didapatkan sejumlah 200 responden. Data yang diperoleh dianalis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Atribut Destinasi dan MTE berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali, sedangkan Tourist Engagement tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Selain itu, Atribut Destinasi dan Tourist Engagement berpengaruh signifikan terhadap MTE wisatawan. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa MTE mampu memediasi pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement terhadap Minat Berkunjung Kembali.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122168
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12487]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository