Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Ipa Kelas V Sdn Patrang 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V SDN Patrang 01 setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Patrang 01 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi hasil belajar secara klasikal pada prasiklus 63,78% (kategori kurang baik), meningkat menjadi 70,91% (kategori cukup baik) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,82% (kategori cukup baik) pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V SDN Patrang 01.
Kata Kunci : model contextual teaching and learning, HOTS, hasil belajar siswa.