Pengembangan Media E-Learning EdApp Berbasis Project Based Learning dan Efektivitasnya terhadap Information Literacy Skills Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Jember
Abstract
Kemampuan literasi informasi dan pemecahan masalah berbasis proyek sangat penting untuk dimiliki peserta didik di era abad ke 21 ini. Penggunaan sumber-sumber informasi akan lebih mudah didukung dengan adanya media teknologi yang canggih, sehingga pengembang melakukan penelitian ini mengadopsi aplikasi microlearning EdApp sebagai platform e-learning yang digunakan untuk menyongkong pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran e-learning EdApp yang layak, mudah dalam penggunaan dan kemenarikan media. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan sampel kelas XI IPS 1 menggunakan 28 anak dari SMA N 5 Jember. Hasil dari rekapitulasi validasi ahli yang dilewati yaitu validasi materi yaitu sebesar 3,76 yang dikategorikan layak digunakan tanpa revisi, validasi bahasa sebesar 3,6 yang dikategorikan layak digunakan tanpa revisi, serta validasi media sebesar 3,75 yang dikategorikan layak digunakan tanpa revisi. Kemudian pada uji kelompok kecil dan sebesar 0,97, Sedangkan pada uji kelompok besar sebesar 0,94. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini merupakan pembelajaran berbasis E-learning ini dengan menggunakan media EdApp memberikan pengrauh yang efektiv dalam penerapannya di pembelajaran khususnya pada pembelajaran sejarah yang ada di SMAN 5 Jember.