Show simple item record

dc.contributor.authorATMASARI, Delfi Kiranti
dc.date.accessioned2024-07-12T06:10:44Z
dc.date.available2024-07-12T06:10:44Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.nim190210103062en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122084
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_April_2024_23en_US
dc.description.abstractPengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X di Kawasan Pertanian Industrial Jember Delfi Kiranti Atmasari; 2023; Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Keterampilan yang penting untuk siswa di era abad-21 salah satunya ialah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan pada keterampilan ini meliputi suatu kemampuan yang didalamnya digunakan untuk penalaran secara mendalam pada saat mendapatkan informasi. Berkurangnya suatu keterampilan berpikir kritis pada siswa juga dapat menyebabkan penurunan hasil belajar siswa yang mana kedua hal tersebut sangat berkaitan dan saling terhubung satu sama lain selama proses pembelajaran berlangsung. Pandemi Covid-19 yang memakan waktu kurang lebih 2 tahun kebelakang memberikan efek yang cukup serius di berbagai kehidupan terlebih pada bidang ekonomi dan pendidikan. Adaptasi-adaptasi dan budaya baru dalam kebiasaan yang dilakukan selama pandemi juga mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa. Perubahan dan pergerakan dalam mengatasi hal tersebut sangat diperlukan. Salah satunya yaitu pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai pada era saat ini. Model pembelajaran Flipped Classroom memiliki berbagai keuntungan yang sesuai dengan kondisi saat ini. Penggunaan model pembelajaran ini juga cocok untuk kawasan pertanian industrial. Salah satu wilayah yang juga masuk tergolong banyak dengan kawasan pertanian industrial adalah Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Mumbulsari Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian quasi experiment. Populasi di dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA di SMAN Mumbulsari Jember. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan uji homogenitas untuk mengetahui tingkat kemampuan yang dimiliki siswa yang sebelumnya telah di uji normalitas dengan menggunakan uji Smirnov-kolmogorov. Uji homogenitas sendiri dengan menggunakan uji One Way-Anova. Kemudian dilakukan pemilihan kelas sebanyak 2 kelas untuk dijadikan masing-masing kelas eksperimen dan kelas konreol. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Contol Group. Adapun teknik pada pengumpulan data utama ialah data pretest-posttest untuk mengukur hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis.Sedangkan untuk pengambilan data pendukung lainnya melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dan hasil belajar dalam penilitian ini yakni dengan uji hipotesis ANACOVA melalui aplikasi SPSS 22. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa untuk tujuan penelitian yang pertama, ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas X SMAN Mumbulsari Jember yang didukung dengan berdasarkan hasil uji didapati Sig.0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikasn antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa untuk tujuan penelitian yang kedua, ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap keterampilan hasil belajar pada siswa kelas X SMAN Mumbulsari Jember. Hal ini dapat dilihat dari hasi uji hipotesis yang telah dilakukan. Didapati hasil uji hipotesis menunjukan Sig.0.000 < 0.05 yang menunjukan arti bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa kelas X SMAN Mumbulsari Jember. Peneliti berharap guru dapat menggunakan dan menerapkan model pembelajaran ini selama pembelajaran dengan disertai pengkajian lebih lanjut oleh peneliti lain untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan terutama dalam mendukung keterampilan abad-21en_US
dc.description.sponsorshipDr. Bea Hana Siswati, S.Pd.,M.Pd. Kuswati, S.Pd., M.Si.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectFlipped Classroomen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X di Kawasan Pertanian Industrial Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kuswati, S.Pd.,M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_April_2024_23en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record