Show simple item record

dc.contributor.authorLILIK WAHYUNI
dc.date.accessioned2013-12-24T04:07:33Z
dc.date.available2013-12-24T04:07:33Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM020210101051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12207
dc.description.abstractModel Pembelajaran Pertanyaan Sharing Siklus Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIIIA Semester Genap SMP Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2005/2006, Lilik Wahyuni, 020210101051, 2006, 49 hlm. Model pembelajaran pertanyaan sharing siklus adalah cara penyajian pelajaran dalam proses belajar mengajar dengan mengutamakan pada interaksi multi arah antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya terhadap pertanyaan yang dibuat guru sehingga diperoleh jawaban secara lisan. Penentuan siswa menjawab tiap soal dilakukan dengan teknik undian yang dilakukan oleh guru dan jika sudah terjawab satu pertanyaan maka dilakukan pengundian lagi untuk memilih kelompok atau siswa penjawab selanjutnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa permasalahan diantaranya mengenai bagaimana aktivitas siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran pertanyaan sharing siklus, bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa, serta seberapa besar efektifitas model pembelajaran pertanyaan sharing siklus, pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIIIA semester genap SMP Negeri 5 Jember. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Jember pada tanggal 1 Maret sampai 14 Maret 2006. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA semester genap SMP Negeri 5 Jember tahun ajaran 2005/2006 dengan 47 orang siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan tes. Dalam penerapan model pembelajaran sharing siklus, peneliti menemukan adanya keberanian siswa untuk bertanya; kemampuan siswa dalam bernalar, berdiskusi, dan mengaplikasikan model matematika dalam kehidupan sehari – hari ix meningkat; serta hasil belajar dan keaktifan siswa meningkat. Aktivitas yang paling banyak dilakukan siswa adalah mengerjakan latihan yaitu sebesar 92, 33% dan yang paling sedikit dilakukan siswa adalah aktivitas menjelaskan yaitu sebesar 79, 72%. Ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran pertanyaan sharing siklus rata – rata mencapai 84, 01%, sehingga pembelajaran dapat diberhentikan pada siklus pertama dan siklus kedua tidak diperlukan lagi. Sedangkan efektifitas model pembelajaran pertanyaan sharing siklus mencapai nilai maksimal 41, 54% dan nilai minimal 25, 12% yang menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut cukup efektif untuk digunakan. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah model pembelajaran pertanyaan sharing siklus pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIIIA semester genap SMP Negeri 5 Jember tahun ajaran 2005/2006 berjalan dengan baik meskipun belum begitu optimal, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung berada pada kategori sangat aktif dengan persentase keaktifan secara klasikal sebesar 87, 19%, persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran pertanyaan sharing siklus rata - rata mencapai 84, 01%, sedangkan persentase efektifitas model pembelajaran pertanyaan sharing siklus mencapai 34, 73% yang menunjukkan kategori cukup efektif untuk digunakan. Efektifitas model pembelajaran pertanyaan sharing siklus tidak memberikan efek langsung pada ketuntasan hasil belajar, tetapi efktifitas tersebut digunakan untuk meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran pertanyaan sharing siklus siswa menjadi lebih berani bartanya, kemampuan (barnalar, berdiskusi, dan mengaplikasikan model matematika dalam kehidupan sehari – hari) siswa meningkat. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210101051;
dc.subjectSHARING SIKLUSen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN PERTANYAAN SHARING SIKLUSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record