• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas XI SMAN Tamanan dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Melalui Tahapan Polya

    Thumbnail
    View/Open
    PROSES BEEPIKIR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN TAMANAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MELALUI TAHAPAN POLYA_ANDARU KIRANA SAHENDA.pdf (710.6Kb)
    Date
    2023-07-03
    Author
    SAHEDA, Andaru kirana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data utama proses berpikir kognitif siswa dalam menyelesaikan soal numerasi melalui tahapan Polya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN Tamanan. Pemilihan subjek berdasarkan kelas yang sudah terbiasa mengerjakan soal numerasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kognitif siswa kelas XI SMAN Tamanan dalam menyelesaikan soal numerasi melalui tahapan Polya. Proses berpikir kognitif dalam penelitian ini meliputi asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pada tahap memahami informasi siswa dengan proses berpikir asimilasi dapat menentukan dengan lancar apa saja informasi yang terdapat dalam soal, sedangkan siswa dengan proses berpikir akomodasi cenderung membaca soal berulang-ulang. Pada tahap merencanakan penyelesaian, siswa dengan proses berpikir asimilasi dapat menentukan rencana penyelesaian dari permasalahan yang sudah diketahui sebelumnya, sedangkan siswa dengan proses berpikir akomodasi membutuhkan proses. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah, siswa dengan proses berpikir asimilasi mampu menyelesaikan masalah sesuai rencana dengan perhitungan yang benar. Pada tahap memeriksa kembali, siswa dengan proses berpikir asimilasi memeriksa kembali jawabannya dan mampu membuktikan jawabannya benar. Kata Kunci: Proses berpikir kognitif, asimilasi, akomodasi, numerasi, tahapan Polya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122049
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository