Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas XI SMAN Tamanan dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Melalui Tahapan Polya
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data utama proses berpikir kognitif siswa dalam menyelesaikan soal numerasi melalui tahapan Polya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN Tamanan. Pemilihan subjek berdasarkan kelas yang sudah terbiasa mengerjakan soal numerasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kognitif siswa kelas XI SMAN Tamanan dalam menyelesaikan soal numerasi melalui tahapan Polya. Proses berpikir kognitif dalam penelitian ini meliputi asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pada tahap memahami informasi siswa dengan proses berpikir asimilasi dapat menentukan dengan lancar apa saja informasi yang terdapat dalam soal, sedangkan siswa dengan proses berpikir akomodasi cenderung membaca soal berulang-ulang. Pada tahap merencanakan penyelesaian, siswa dengan proses berpikir asimilasi dapat menentukan rencana penyelesaian dari permasalahan yang sudah diketahui sebelumnya, sedangkan siswa dengan proses berpikir akomodasi membutuhkan proses. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah, siswa dengan proses berpikir asimilasi mampu menyelesaikan masalah sesuai rencana dengan perhitungan yang benar. Pada tahap memeriksa kembali, siswa dengan proses berpikir asimilasi memeriksa kembali jawabannya dan mampu membuktikan jawabannya benar.
Kata Kunci: Proses berpikir kognitif, asimilasi, akomodasi, numerasi, tahapan Polya.