• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE EKSPOSITORI DAN METODE INQUIRY PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS II SEMESTER 2 SMP NEGERI 9 JEMBER TAHUN AJARAN 2005/2006

    Thumbnail
    View/Open
    6.pdf (1.229Mb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    EMMY HERNAWATI S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru. Guru yang dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, dapat mendorong siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, aktivitas siswa serta mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pola random terhadap subjek. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 16 Mei sampai 30 Mei 2006, di SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dengan responden penelitian yaitu siswa kelas IID dan kelas IIC. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisa data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji perbedaan aktivitas siswa dan uji perbedaan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode inquiry lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry. Saran yang dapat diberikan adalah: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri prinsip atau konsep yang baru; (2) penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda, misalkan melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan membedakan prestasi siswa yaitu tinggi, cukup dan rendah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12199
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode dalam menyelesaikan model matematika dalam menganalisa model penyebaran  virus Avian Influenza. Model ini disajikan sebagai sistem non-linear persamaan diferensial biasa sehingga model sulit untuk diselesaikan secara analitik. Kita membutuhkan metode numerik untuk memecahkan masalah tersebut yaitu Metode Multistep Linier (MML) Implisit 13 untuk menganalisis model penyebaran virus Avian Influenza pada manusia. Kami menggunakan Metode Multistep Linier Implisit Order 13 karena metode ini adalah metode yang sangat akurat kita perbandingan menggunakan Metode Runge-Kutta orde 9. Menggunakan pemrograman MATLAB, kita menguji kedua metode untuk menganalisis akurasi dan hasilnya menunjukkan bahwa Metode Multistep Linier (MML) Implisit lebih efektif daripada Metode Runge-Kutta orde 9. Kesalahan dari Metode Multistep Linier (MML) Implisit 13 lebih efisien dibandingkan dengan Metode Runge-Kutta orde 9. Oleh karena itu, Metode Multistep Linier (MM:L) Implisit Order 13 ini lebih efektif untuk menganalisis model penyebaran  virus Avian Influenza. 

      Rodyatul Aulia; Dafik; Susi Setiawani, Setiawani (UNEJ, 2014)
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode dalam menyelesaikan model matematika dalam menganalisa model penyebaran  virus Avian Influenza. Model ini disajikan sebagai sistem non-linear persamaan ...
    • PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR BELAJAR BELAJAR PEMECAHAN PEMECAHAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MELALUI MELALUI BELAJAR MELALUI MELALUI PENERAPAN MASALAH MASALAH MASALAH (PBM) (PBM) MASALAH (PBM) MASALAH MASALAH PEMECAHAN MASALAH PENERAPAN PENERAPAN DAN DAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN (PBM) DENGAN PELAJARAN PELAJARAN PELAJARAN HASIL HASIL DAN HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE METODE DENGAN METODE BIOLOGI BIOLOGI PELAJARAN BIOLOGI EKSPERIMEN EKSPERIMEN METODE EKSPERIMEN (SISWA (SISWA BIOLOGI (SISWA MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH 2 MATERI MATERI MATERI 2 2 HASIL BERBASIS BERBASIS BERBASIS PADA PADA EKSPERIMEN PADA KELAS KELAS (SISWA KELAS X.6 X.6 KELAS X.6 SMA SMA X.6 SMA GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, 2 GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, PENCEMARAN PENCEMARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN TAHUN TAHUN PELAJARAN PELAJARAN TAHUN PELAJARAN PROGRAM PROGRAM PROGRAM LINGKUNGAN 2012-2013 

      Lendy Destalia (2013-12-04)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala hal ...
    • ENGARUH PENDEKATAN DENGAN DENGAN DENGAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METODE METODE DENGAN METODE BERPIKIR BERPIKIR BERPIKIR BERMAIN BERMAIN METODE BERMAIN TINGKAT TINGKAT BERPIKIR TINGKAT OPEN OPEN PEMBELAJARAN OPEN PERAN PERAN BERMAIN PERAN TINGGI TINGGI TINGKAT TINGGI (Kelas (Kelas (Kelas (Kelas VII VII VII VII PERAN TERHADAP DAN DAN TINGGI DAN NEGERI NEGERI NEGERI ENDED ENDED OPEN ENDED TERHADAP TERHADAP (OE) (OE) ENDED (OE) TERHADAP KEMAMPUAN HASIL HASIL DAN HASIL NEGERI 11 Semester Semester Semester Semester 11 11 BELAJAR BELAJAR HASIL BELAJAR JEMBER JEMBER 11 JEMBER Genap Genap Genap Genap JEMBER Tahun Tahun Tahun Tahun SKRIPSI SKRIPSI SKRIPSI SKRIPSI (OE) KEMAMPUAN KEMAMPUAN KEMAMPUAN SISWA SISWA BELAJAR SISWA Ajaran Ajaran Ajaran Ajaran SMP SMP SISWA SMP 2012/2013) 2012/2013) 2012/2013) 2012/2013) 

      Winda Anista (2013-12-04)
      Rendahnya kualitas pengajaran guru di dalam kelas terhadap materi biologi yang berdampak pada menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia. Orientasi siswa yang cenderung mengahafal materi biologi membuat kemampuan berpikir ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository