• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Digital Assessment berbasis Moodle untuk Mengukur Keterampilan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan

    Thumbnail
    View/Open
    TESIS ANNISAA DWI AYU PERMATASARI.pdf (6.528Mb)
    Date
    2023-06-27
    Author
    PERMATASARI, Annissa Dwi Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan literasi sains menjadi fokus utama dari kecakapan yang harus dikuasai oleh siswa pada Abad 21, namun keterampilan literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan diperoleh informasi bahwa faktor utama yang menjadi penyebab rendahnya literasi sains siswa Indonesia yaitu siswa belum terbiasa mengerjakan soal tes literasi sains dan belum tersedianya instrumen soal berbasis literasi sains. Hal tersebut mendasari pentingnya pengembangan Digital Assessment berbasis Moodle untuk mengukur keterampilan literasi sains siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh Digital Assessment berbasis Moodle dengan kualitas valid, praktis, efektif dan dapat mengukur keterampilan literasi sains SMP khususnya pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development dan Disseminate. Lokasi penelitian meliputi SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember, SMPN 3 Jember, SMPN 1 Probolinggo, SMPN 5 Probolinggo dan SMPN 7 Probolinggo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII. Teknik analisis data dikelompokkan berdasarkan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa catatan, komentar, saran atau masukan yang diberikan oleh validator dan Guru IPA dianalisis secara deskriptif sedangkan data kuantitatif berupa hasil perhitungan berdasarkan analisis uji kevalidan, uji kepraktisan, uji keefektifan dan skor keterampilan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Assessment berbasis Moodle yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid, sangat praktis, efektif dan mampu mengukur profil keterampilan literasi sains siswa. Hal ini dikarenakan butir soal pada Digital Assessment disajikan dengan tipe soal bervariasi yang disusun berdasarkan aspek literasi sains yang ditetapkan oleh PISA dengan jenis soal HOTS sehingga mampu mengukur hasil belajar siswa dengan sangat tepat. Selain itu, Digital Assessment menjadi sangat efektif karena mampu menjenjangkan keterampilan literasi sains siswa ke dalam 3 kategori menurut PISA yaitu kategori rendah, sedang dan tinggi sehingga dapat mengetahui profil keterampilan literasi sains siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121981
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository